November 29, 2021

Digital Advertising Blog – Tips dan Trik

Tips & Trik Pemasaran Digital / Online

cara menggunakan google trends

Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Pasar & Kata Kunci

Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Pasar & Kata Kunci

Di zaman yang serba ada ini ternyata masih sangat sulit untuk mencari sebuah pekerjaan. Meskipun saat ini sudah ada berbagai macam pekerjaan atau profesi yang bisa di jalankan, namun tetap saja jumlah pengangguran terus bertambah. Hal itu karena jumlah pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah kesempatan kerja.

Tentu mau tidak mau kita harus memutar otak untuk mencari ide bisnis sendiri supaya tetap bisa memenuhi kebutuhan setiap harinya. Saat ini mencari ide bisnis bisa di lakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Google Trends. Apa itu Google Trends dan bagaimana cara mencari ide dengan Google Trends? Semua itu akan kita bahas tuntas di artikel ini.

Apa Itu Google Trends?

Google sebenarnya sudah menyediakan sebuah layanan yang dapat di manfaatkan untuk melakukan riset kata kunci yang sering di gunakan atau mencari topik yang sedang banyak di bicarakan orang. Layanan ini di khususkan untuk para marketer maupun para pelaku usaha untuk mencari data pencarian di Google. Layanan yang satu ini di beri nama Google Trends.

Google trends sendiri adalah layanan dari Google yang mulai di rilis pada tahun 2006 dan hingga saat ini layanan ini masih terus di kembangkan. Google trends sendiri adalah layanan yang memiliki kemampuan cukup banyak, ada berbagai fitur serta fungsi yang dapat di gunakan. Mencari kata kunci yang sering di gunakan, mencari topik yang sedang hangat di bincangkan, mengetahui perbandingan antar kata kunci serta tampilan yang sederhana dan mudah di pahami itu adalah sebagian kelebihan dari Google Trends.

Google membebaskan siapapun untuk menggunakan layanan yang satu ini karena memang gratis. Anda dapat mencari berbagai informasi yang sering di cari orang pada mesin pencari Google. Termasuk salah satunya adalah mencari ide bisnis dengan Google Trends.

Bagaimana Cara Kerja Google Trends?

Setiap harinya Google menerima miliaran input kata kunci dari orang yang mencari di mesin pencari Google. Google kemudian akan merekam semua input kata kunci tersebut. Tidak hanya merekam saja, Google juga merapikannya dalam bentuk database yang terstruktur.

Sebagian data tersebut mereka simpan untuk kebutuhan perusahaan dan sebagiannya lagi mereka kembalikan ke para pengguna internet.Nah, pengambilan data yang sudah di olah itulah yang nantinya akan tersaji pada Google Trends.

Anda dapat menggunakan Google Trends layaknya seperti menggunakan Google Search. Hanya saja jika di Google Search hasil pencariannya berupa tautan yang mengarah ke sebuah situs website yang sesuai dengan kata kunci yang di cari. Sedangkan di Google Trends hasil yang di sajikan berupa data statistik dari kata kunci yang di masukkan.

Sebagai ilustrasi jika anda memasukkan sebuah kata kunci “kue kering” di Google Search, maka anda akan mendapatkan jutaan tautan yang berkaitan dengan kata kunci yang anda masukkan. Mulai dari penjual kue kering, waralaba, cara pembuatan, komunitas pecinta kue kering, blog yang kebetulan membahas seputar kue kering dan lain sebagainya. Itu masih belum termasuk dengan video dan gambar yang berkaitan dengan kata kunci yang di masukkan.

Tetapi jika anda memasukkan kata kunci yang sama pada kolom pencarian di Google Trends, maka hasil yang di tampilkan bukan berupa tautan melainkan berupa informasi grafik, daftar atau judul topik yang sedang populer yang terkait dengan kata kunci “kue kering”.

Di sana ada juga info mengenai negara mana saja yang paling banyak melakukan pencarian dengan kata kunci tersebut. Nah, jika anda membutuhkan sebuah data mengenai volume pencarian untuk kata kunci “kue kering” di Indonesia, anda tinggal memilih opsi Indonesia pada menu All Regions. Selain itu anda juga dapat mengatur batasan waktu pencarian dengan memilih menu All Years.

Bisa di tarik kesimpulan, dengan layanan Google Trends ini anda bisa mendapatkan setumpuk data yang dapat di gunakan untuk mencari ide bisnis atau juga untuk kebutuhan pengembangan bisnis anda. Anda dapat menggunakan kata kunci apapun yang memiliki kemungkinan besar untuk di cari oleh banyak orang.

Nah, setelah anda mengetahui bagaimana cara kerja layanan Google Trends ini anda sudah pasti paham bagaimana cara mencari ide bisnis dengan Google Trends. Manfaatkan layanan dari Google ini semaksimal mungkin, apalagi anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk menikmati layanan dan semua fitur yang ada di dalam Google Trends.