November 29, 2021

Digital Advertising Blog – Tips dan Trik

Tips & Trik Pemasaran Digital / Online

cara menulis press release yang baik dan benar

Cara Menulis Press Release yang Baik dan Benar serta Disukai Media

Cara Menulis Press Release yang Baik dan Benar

Seorang praktisi Public Relations harus mampu memahami dan memiliki pengetahuan bagaimana cara menulis press release yang baik. Menyusun sebuah naskah press release bisa di bilang tidaklah mudah. Tak semua orang mampu untuk menyusun naskah press release dengan baik dan benar.

Tetapi tidak menutup kemungkinan bagi kamu untuk menguasai teknik-teknik dalam penulisan naskah press release. Nah, pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menulis press release yang baik dan benar. Dengan menggunakan teknik-teknik sederhana anda dapat membuat sebuah naskah press release yang baik.

Teknik Penulisan Press Release yang Benar

Agar press release anda dapat di terima dan di terbitkan pada sebuah media massa, anda perlu tahu bagaimana cara penulisan naskah press release yang baik dan benar. Melalui teknik penulisan yang sederhana ini, anda akan mempelajari apa saja hal-hal yang harus anda lakukan baik sebelum, ketika dan sesudah membuat press release. Teknik-teknik penulisan tersebut di antaranya sebagai berikut:

1.Pikirkan dan Cari Intisari

Sebelum anda mulai menyusun naskah press release, langkah awal yang harus anda lakukan adalah memikirkan dan menentukan apa intisari dari informasi yang akan anda sampaikan pada release tersebut kepada masyarakat. Denga kata lain di sini tema dari press release yang anda susun. Barulah setelah anda menemukan tema yang tepat, anda dapat menjadikan tema tersebut sebagai judul dari press release.

Tidak terbatas hanya sampai sini saja, jika anda merasa bahwa judul tersebut masih belum optimal maka anda juga dapat menentukan suhjudul release yang berfungsi sebagai pengembangan serta penajaman dari judul utama. Selain itu, sub judul juga dapat anda gunakan sebagai pemikiran dari press release yang anda buat. Hal itu karena sub judul dapat anda kembangkan sedemikian rumah sehingga dapat mencerminkan isi dari press release yang di buat.

2.Gunakan Metode Piramid Terbalik

Penggunaan metode penulisan piramid terbalik ini benar-benar sangat penting dalam membuat press release yang menarik dan berkualitas. Pada press release di bagian pertama konten setelah judul utama dapat anda isi dengan lead atau kepala news lead. Pada bagian ini anda harus menyusun rangkuman kata-kata sehingga dapat membentuk sebuah paragraf yang berguna untuk menjelaskan isi keseluruhan dari release tersebut.

Alasan mengapa news lead harus merangkum keseluruhan isi release adalah karena news lead adalah ujung tombak dari sebuah press release. Mengapa demikian? Hal itu karena jika ada seseorang yang membaca release anda bagian kedua yang akan mereka baca setelah judul adalah lead. Jika lead pada release anda tidak merangkum intisari dari release anda, maka para pembaca tidak akan mendapatkan informasi secara menyeluruh begitu juga sebaliknya.

3.Gunakan Unsur 5W + 1 H

Dalam menulis sebuah berita, penggunaan unsur 5W+1H sangat di butuhkan untuk menyampaikan informasi secara baik dan benar. Unsur 5W+1H ini merupakan sebuah patokan anda dalam menyusun sebuah new lead pada press release anda. Dengan menerapkan unsur ini berarti anda telah berhasil menyampaikan garis besar ata informasi yang anda berikan.

Meskipun tidak ada aturan khusus dalam penggunaan ke 6 unsur tersebut ada baiknya anda menyusun news lead dengan mengikuti urutan unsur tersebut. Yaitu What, When Who, Where, Why dan How. Namun anda juga dapat memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan anda.

4. Gunakan Ilustrasi yang Menarik

Penggunaan ilustrasi yang menarik akan menimbulkan rasa keingintahuan para pembaca akan press release yang anda buat. Dengan menggunakan ilustrasi berupa gambar yang menarik, maka secara tidak langsung anda sudah memberikan sedikit gambaran kepada pembaca mengenai press release yang anda buat.

5.Lakukan Pengecekan Ulang

Pengecekan ulang ini di lakukan guna untuk menghindari atau mengurangi typo atau salah ketik pada press release anda. Misalnya saja anda salah dalam mengetikan nama toko, tanggal kegiatan, data dan lain sebagainya. Maka ada baiknya anda melakukan pengecekan ulang pada press release anda untuk mengurangi kesalahan pengetikan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara menulis press release yang baik dan benar. Dengan mengikuti teknik-teknik di atas di harapkan anda dapat menyusun sebuah press release yang benar. Tapi perlu anda ingat kalau teknik di atas hanya sebuah panduan saja dan tidak mengikat. Jadi anda dapat menentukan penulisan press release menurut versi anda sendiri.