November 29, 2021

Digital Advertising Blog – Tips dan Trik

Tips & Trik Pemasaran Digital / Online

kelebihan digital marketing dibandingkan traditional marketing

Kelebihan Digital Marketing dibandingkan Traditional Marketing

Kelebihan Digital Marketing Dibandingkan Tradisional Marketing

Digital marketing dan tradisional marketing adalah dua strategi pemasaran yang sudah umum di ketahui oleh banyak orang. Tradisional marketing sudah sejak lama ada dan banyak di gunakan oleh para pebisnis dalam memasarkan produknya, Sedangkan untuk digital marketing tergolong strategi pemasaran yang masih baru.

Tak sedikit orang yang memperdebatkan mana yang lebih efektif apakah digital marketing atau tradisional marketing. Masih ada orang yang percaya jika tradisional marketing masih cukup efektif untuk memasarkan produk mereka, sedangkan di sisi lain ada juga yang beranggapan jika digital marketing jauh lebih efektif. Nah, di artikel ini akan kita bahas apa aja kelebihan digital marketing dibandingkan tradisional marketing.

Traditional Marketing

Traditional Marketing merupakan teknik pemasaran offline diantaranya menggunakan

  • Print Media (seperti brosur, koran, majalah, dll)
  • Outdoor (meliputi billboard, transportasi, spanduk dll)
  • Telephone (sms marketing, telemarketing, dll)
  • Direct Mail Offline (kartu pos, katalog, dll)

Digital Marketing

Digital Marketing merupakan strategi marketing yang berkembang seiring berjalannya waktu dengan memanfaatkan

  • Website
  • Social Media (Facebook, Instagram, Youtube, Twitter, dll)
  • Google Ads (Iklan Pencarian Google, Iklan Banner Website, dll)
  • Email Marketing

Kelebihan Digital Marketing vs Tradisional Marketing

Digital marketing dan tradisional marketing sama-sama berfungsi untuk memasarkan suatu produk dan bertujuan untuk membantu para pemilik bisnis dalam mencapai tujuannya. Namun keduanya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah kelebihan digital marketing dibandingkan tradisional marketing.

1.Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Dengan memanfaatkan teknologi internet, digital marketing memberikan akses yang lebih luas kepada para pemilik bisnis dalam memilih target konsumen mereka. Tidak hanya menargetkan orang-orang lokal saja tetapi anda bahkan dapat memperluas target pasar sampai ke seluruh dunia.

Karena memang internet dapat menghubungkan anda dan calon konsumen serta internet dapat di akses oleh siapa saja. Maka pesan yang anda sampaikan dalam sebuah iklan promosi dapat di jangkau oleh orang banyak dalam waktu yang cepat dan bersamaan.

2.Lebih Hemat Biaya

Kelebihan digital marketing yang berikutnya adalah lebih hemat ketimbang tradisional marketing. Hal itu karena anda dapat memasarkan produk anda secara leas ke banyak orang. Jika anda ingin menjangkau lebih banyak konsumen baru dengan menggunakan tradisional marketing maka anda harus membayar lebih mahal.

Karena pastinya anda akan memasang iklan pada televisi,media cetak seperti koran atau bahkan radio dan itu membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Sedangkan untuk digital marketing anda dapat memanfaatkan platform periklanan seperti Facebook Ads dan Google Ads yang tentu biayanya jauh lebih murah sekaligus lebih mudah dan efisien dari segi pengelolaan iklan.

3.Adanya Interaksi dengan Konsumen

Jika anda menggunakan media cetak sebagai sarana pemasaran anda tidak akan mendapatkan respon dari calon konsumen atas informasi yang anda berikan. Sama juga halnya dengan radio dan televisi para pendengar atau penonton tidak akan bisa membalas balik anda. Untungnya masalah interaksi ini sudah bisa di atasi berkat adanya digital marketing.

Fasilitas seperti media sosial dapat anda manfaatkan untuk membangun interaksi dengan calon konsumen. Konsumen akan bisa langsung memberikan feedback atas informasi yang anda berikan dan anda juga bisa memberikan tanggapan atas masalah yang mereka keluhkan. Hal ini tentu saja akan berdampak baik pada bisnis anda karena anda dapat membangun hubungan yang baik dengan konsumen anda.

4.Menjadi Trending

Di jaman media sosial seperti saat ini, apapun yang menarik untuk orang, akan dapat dengan mudah tersebar serta di ketahui oleh banyak orang dalam waktu yang singkat. Digital marketing akan sangat memungkinkan untuk konte yang telah anda buat menjadi viral dan di bicarakan oleh banyak orang.

Jika konten yang anda buat sangat kreatif sehingga bisa memberikan kesan untuk orang lain, maka orang-orang akan dengan cepat membicarakan konten anda lalu membagikannya dan pada akhirnya membuatnya menjadi viral. Tentu ini akan sangat membantu anda dalam memasarkan suatu produk atau layanan.

5.Branding

Dengan mengoptimalkan konten yang anda buat, anda dapat membangun branding bisnis melalui digital marketing. Channel seperti website, media sosial dan email dapat anda manfaatkan untuk membangun identitas dari bisnis yang anda jalankan. Semakin baik brand anda di mata para konsumen tentu anda akan jadi jauh lebih mudah untuk memasarkan produk atau layanan terbaru anda.

Itu tadi adalah beberapa kelebihan digital marketing dibandingkan tradisional marketing yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan bisnis anda. Perlu di ingat tradisional marketing juga masih mampu untuk berkontribusi dalam mengembangkan bisnis anda. Jadi ada baiknya anda mengkombinasikan kedua metode pemasaran tersebut supaya mendapatkan hasil yang maksimal.