November 25, 2020

Digital Advertising Blog – Tips dan Trik

Tips & Trik Pemasaran Digital / Online

keuntungan beriklan di google ads

7 Keuntungan Beriklan di Google Ads Bagi Bisnis Anda

Keuntungan Beriklan di Google Ads

Google Ads adalah salah satu produk unggulan dari Google, bahkan menjadi salah satu pemasukan terbesar yang di miliki oleh perusahaan raksasa ini. Google Ads sendiri adalah sebuah platform periklanan yang di luncurkan pada tahun 2000. Di awal-awal peluncurannya para pengiklan di haruskan untuk membayar biaya beriklan selama satu bulan. Namun seiring perkembangannya Google mulai melakukan perubahan untuk mempermudah para pengiklan dalam mengelola iklan mereka.

Bagi para pelaku usaha, baik itu usaha berskala kecil maupun perusahaan besar ada banyak sekali manfaat Google Ads bagi bisnis. Apalagi seperti yang kita tahu kalau hampir 90% pangsa pencarian di internet di kuasai oleh Google. Sehingga tidak heran jika anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan ketika beriklan di Google Ads.

Manfaat Google Ads Bagi Bisnis Anda

Bagi para pebisnis beriklan adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk atau layanan mereka supaya lebih di kenal oleh orang banyak. Dengan perkembangan dunia internet yang semakin pesat ini, maka strategi pemasaran pun beralih ke media digital seperti Google Ads ini. Berikut ini adalah berbagai manfaat Google Ands bagi usaha anda.

1. Dapat Menjangkau Audience yang Potensial

Google Ads memungkinkan anda untuk mengatur target audience secara lebih spesifik. Anda dapat menyesuaikan audience dengan produk yang ingin anda iklankan. Dengan mengatur demografi yang meliputi rentang usia, jenis kelamin, jenjang pendidikan, pekerjaan serta perangkap apa yang di gunakan untuk mengakses internet serta minat atau hobi dari audience yang ingin anda targetkan.

Dengan pengaturan demografi semacam ini tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk perkembangan bisnis anda. Karena audience yang anda targetkan pastilah akan sangat potensial untuk menjadi calon pelanggan anda. Semakin spesifik target audience anda maka akan semakin efektif iklan yang anda buat.

2. Mudahnya Mengelola Anggaran

Platform periklanan Google Ads ini dapat di gunakan oleh semua kalangan. Baik itu perusahaan besar yang memiliki anggaran pemasaran yang besar hingga para pelaku usaha UKM yang memiliki anggaran terbatas untuk melakukan promosi. Di Google Ads anda dapat mengelola anggaran iklan dengan mengeluarkan sejumlah biaya untuk beriklan.

Bukan hanya itu saja, anda juga dapat mengatur rata-rata anggaran harian untuk setiap kampanye yang anda buat. Selain itu anda juga dapat mengatur jumlah anggaran kapan saja dengan sangat fleksibel. Dengan begitu para pelaku usaha UKM pun tetap bisa merasakan manfaat beriklan di Google Ads meski dengan anggaran yang terbatas.

3. Membantu Anda Dalam Mengukur Tingkat Kesuksesan Bisnis

Dengan menggunakan Google Ads ketika ada pengguna internet yang mengklik iklan anda, maka anda dapat mengetahuinya jika pengguna tersebut telah mengklik iklan anda. Kemudian anda pasti akan berharap jika mereka akan melakukan sesuatu yang dapat menguntungkan anda seperti membeli produk, mengunduh aplikasi atau melakukan pemesanan.

Dengan mengetahui iklan mana yang banyak di klik dan tidak, maka anda dapat memilih untuk berinvestasi ke kampanye yang mana. Selain itu anda juga dapat melihat berbagai data lainnya mulai dari berapa biaya yang di keluarkan untuk setiap iklan bahkan anda dapat mengetahui iklan mana saja menghasilkan konversi berupa pembelian maupun pemesanan produk.

4. Hasil Iklan Sesuai dengan Keinginan

Dengan menggunakan Google Ads anda dapat mengatur sendiri seberapa besar hasil yang akan di dapatkan dari kampanye yang anda lakukan. Beberapa konversi yang di mungkinkan oleh layanan Google Ads ini di antaranya seperti aktivitas yang di lakukan di website anda, konversi berupa pemesanan, pembelian, newsletter, kliik tombol hingga konversi berupa panggilan telepon.

4. Penargetan Demografi sesuai Klasifikasi Usia & Lokasi

Beriklan di google ads dapat menargetkan audience sesuai umur serta lokasi, jadi iklan kita hanya tampil di umur & lokasi yang sudah kita targetkan

5. Meningkatkan Traffic yang masuk ke dalam Website

Dengan iklan yang tertarget serta tertuju ke website kita. akan membantu meningkatkan jumlah traffic yang masuk ke dalam website kita. Ditambah lagi traffic yang masuk merupakan traffic yang berkualitas karena sesuai target market yang sudah kita tentukan.

6. Mendapatkan Leads serta Meningkatkan Penjualan

Setelah penargetan sesuai kualifikasi yang sudah kita tentukan, tentunya tidak hanya traffic website yang kita dapatkan, melainkan dapat mendapatkan leads serta menghasilkan penjualan. misalnya kita sudah riset lalu menargetkan keyword yang menghasilkan penjualan, lalu iklan kita muncul di halaman pertama google itu dapat membantu meningkatkan awareness serta menjadi leads yang berkualitas untuk bisnis anda yang nantinya berujung menghasilkan penjualan.

7. Laporan yang Akurat

Dalam sebuah strategi pemasaran atau marketing, laporan adalah hal yang sangat penting. Dari laporan anda dapat melihat, mengatur hingga menganalisis data audience yang melakukan interaksi dengan iklan anda. Melalui laporan ini anda juga dapat apakah iklan yang anda buat sudah cukup efektif. Selain itu anda juga dapat membuat strategi terbaik untuk membuat iklan yang lebih menarik dan efektif.

Nah, itu tadi adalah beberapa manfaat Google Ads bagi bisnis anda. Strategi pemasaran saat ini sudah mengalami banyak sekali perubahan, jika anda masih melakukan promosi secara konvensional atau offline maka bisa-bisa anda ketinggalan dengan pesaing anda. Maka dari itu manfaatkanlah platform periklanan Google Ads untuk meningkatkan bisnis anda lebih jauh lagi.