November 25, 2020

Digital Advertising Blog – Tips dan Trik

Tips & Trik Pemasaran Digital / Online

pengertian content marketing

Pengertian Content Marketing | Apa itu Content Marketing?

Pengertian Content Marketing

Content Marketing, Konten Marketing atau Pemasaran Konten belakangan ini sering di bahas oleh banyak orang terutama dalam konteks digital marketing. Banyak orang yang mengatakan jika content marketing adalah salah satu teknik pemasaran terbaik dan paling efektif untuk saat ini. Tapi sebenarnya apa sih pengertian content marketing itu?.

Banyak pula orang yang bertanya-tanya mengapa mengapa content marketing ini menjadi strategi pemasaran yang paling efektif untuk mendatangkan customer?. Lalu apakah benar jika strategi pemasaran dengan menggunakan juga di anggap lebih efektif di bandingkan pemasaran dengan cara tradisional?. Semua pertanyaan ini akan kita bahas pada artikel kali ini.

Apa ituĀ  Content Marketing?

Secara sederhananya content marketing adalah pemasaran dengan cara menggunakan sebuah konten baik itu tulisan, gambar maupun video. Tapi mungkin penjelasan ini terlalu singkat, maka dari itu berikut ini adalah pengertian atau definisi content marketing secara lebih luas.

Content marketing adalah sebuah strategi pemasaran di mana kita akan membuat serta mendistribusikan sebuah konten yang dapat menarik para audience yang tepat sasaran, kemudian. Sehingga dari konten yang di buat ini kita mendorong audience agar menjadi customer dan membeli produk atau jasa kita.

Konten dalam content marketing bisa dalam bentuk apapun, seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya yaitu tulisan, gambar atau video. Selain dari bentuknya, kita juga dapat membedakan konten dari sifatnya apakah mendidik, emosional atau menghibur.

Pada intinya yang paling penting adalah konten yang anda buat harus bisa menarik banyak audience. Jika konten yang anda buat tidak mampu untuk menarik audience supaya menyimak isi dari konten tersebut maka bisa di anggat anda telah gagal dalam upaya content marketing.

Mengapa Content Marketing Lebih Efektif?

Jika berbicara soal efektivitas dari sebuah content marketing dan segala macam strategi pemasaran secara digital lainnya, maka sudah tentu yang paling mudah adalah dengan membandingkannya dengan strategi pemasaran secara tradisional. Maka dari itu sebelum membandingkan keduanya, kita lihat perbedaan dari keduanya terlebih dahulu.

Dalam pemasaran tradisional biasanya mereka akan mempromosikan produk atau jasa mereka lewat iklan, baik itu secara online offline. Dengan harapan jika ada orang yang melihat iklan tersebut mereka ingin membelinya. Sayangnya strategi pemasaran seperti sudah kurang efektif lagi.

Kebanyakan masyarakat saat ini sudah kebal dengan promosi suatu produk. Maka jika mereka melihat sebuah iklan baik itu secara online maupun offline mereka hanya menganggap itu sebuah angin lalu saja. Mereka menganggap iklan promosi tersebut tidak bermanfaat. Maka tidak heran jika klik iklan yang di dapatkan sangatlah rendah.

Tapi jangan salah paham dulu, karena seorang praktisi content marketing juga dapat menggunakan iklan. Bedanya, mereka tidak menggunakan iklan untuk mempromosikan produk secara langsung. Melainkan di gunakan untuk mendistribusikan konten yang bermanfaat.

Dari penjelasan di atas tentu anda bisa menanyakan pada diri sendiri mana yang lebih menarik? Iklan yang hanya mempromosikan sebuah produk atau iklan yang memberikan konten bermanfaat secara gratis? Tentu anda setuju jika pemasaran dengan menggunakan konten jauh lebih efektif di bandingkan pemasaran dengan cara tradisional.

Lalu Bagaimana Dengan Penjualannya?

Mungkin pertanyaan seperti jika konten yang di promosikan dan bukan produk lalu bagaimana dengan penjualannya? Kalau kita lihat kembali, tujuan dari content marketing adalah untuk menarik banyak audience supaya menjadi customer dan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Dengan adanya konten kita jadi lebih mudah untuk menarik customer baru, di bandingkan hanya mempromosikan produk saja. Selain itu website yang menggunakan content marketing mendapatkan konversi jaug lebih tinggi daripada website yang tidak menggunakan content marketing.

Alasannya, ketika anda mempromosikan produk atau jasa, maka masyarakat tidak mengetahui apapun mengenai kredibilitas anda. Hal itu karena anda hanya menampilkan apa yang anda jual saja. Karena itulah konversi penjualan anda jadi lebih rendah. Sementara jika anda memiliki konten, maka masyarakat bisa mulai percaya dengan produk atau jasa anda, dengan begitu konversi pun akan jadi meningkat pesat.

Nah, itulah pengertian content marketing yang perlu anda ketahui. Dengan manfaat yang sangat besar ini anda sebagai pemilik bisnis tidak boleh melewatkannya begitu saja. Karena dengan menerapkan strategi pemasaranĀ  dengan menggunakan konten, maka bisnis anda akan jadi lebih mudah di percaya banyak orang.