November 25, 2020

Digital Advertising Blog – Tips dan Trik

Tips & Trik Pemasaran Digital / Online

pengertian iklan adalah

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian iklan secara sederhana adalah sebuah informasi atau pesan yang bertujuan untuk membujuk orang lain supaya tertarik dengan produk atau jasa, yang di tawarkan. Iklan sendiri bisa di promosikan lewat berbagai platform mulai dari televisi, radio, media cetak dan lain sebagainya.

Iklan juga mengandung pemberitahuan yang bersifat mempengaruhi para pembaca supaya melakukan apa yang di inginkan. Iklan tidak hanya sebatas untuk menawarkan produk saja, tetapi juga bisa berupa imbauan atau ajakan untuk melakukan sesuatu. Misalnya seperti ajakan untuk menjaga kesehatan atau menjaga lingkungan.

Iklan yang muncul pada media cetak biasanya di batasi oleh ruang dan tempat, sedangkan iklan yang muncul pada media digital di batasi oleh durasi. Oleh sebab itu iklan biasanya hanya berisikan tulisan atau video yang sangat singkat, padat dan jelas dengan tujuan untuk mengurangi beban penayangan.

Pengertian Iklan Menurut Berbagai Ahli

Berikut ini kamu jabarkan pengertian iklan menurut para ahli yang memang berpengalaman di bidang periklanan atau seseorang yang menekuni bidang pemasaran.

  • Menurut Rachmat Kriyantono iklan adalah segala bentuk pesan yang tentang suatu produk yang di sampaikan pada sebuah media atau platform tertentu. Dibiayai oleh Pemrakarsa yang di kenal dan ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.
  • Sedangkan menurut Rhenald Kasari iklan adalah pesan yang menawarkan sebuah produk yang ditujukan untuk masyarakat lewat berbagai media.

Tujuan dan Fungsi Iklan

Fungsi Iklan

Terence A Shimp seorang pakar periklanan yang berasal dari Amerika Serikat menjelaskan bahwa iklan memiliki beberapa fungsi, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memberikan sebuah informasi (Informing)
  2. Membujuk seseorang (Persuading)
  3. Mengingatkan seseorang (Reminding)
  4. Memberikan nilai lebih (Adding Value)

Tujuan Iklan

Sedangkan menurut Robert V Zacher, seorang ahli segaligus praktisi pemasaran menjelaskan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Memberikan sebuah informasi mengenai suatu produk, jasa, ide, gagasan dan lain sebagainya.
  2. Sebuah upaya untuk bisa memberikan citra yang baik atau rasa suka terhadap suatu produk yang di iklankan.
  3. Bertujuan untuk meyakinkan orang lain atau penerima iklan tentang kebenaran suatu produk.
  4. Membuat konsumen jadi lebih mudah dalam mengetahui spesifikasi dari sebuah produk, baik itu berupa harga, kelebihan serta manfaatnya.

Manfaat Iklan

Adapun manfaat dari iklan ada banyak sekali terutama untuk perkembangan sebuah bisnis. Karena pada dasarnya fungsi iklan adalah sebagai cara untuk mempromosikan bisnis atau produk tertentu. Berikut ini beberapa manfaat iklan untuk bisnis.

1. Memberikan Informasi

Sesuai dengan penjelasan sebelumnya, jika iklan di gunakan untuk memberikan informasi kepada para konsumen tentang produk yang ingin di pasarkan. Informasi yang di berikan bisa berupa fungsi, fitur, manfaat, cara penggunaan, kualitas hingga harga dari produk tersebut. Informasi ini sangat penting di lakukan terutama jika ada produk yang ingin di pasarkan. Hal ini bertujuan supaya orang bisa mengetahui bahwa ada sebuah produk baru.

2. Branding

Promosi baik itu di lakukan secara online maupun offline wajib di lakukan untuk berbagai macam bisnis. Dengan menggunakan iklan maka sebuah produk atau jasa dapat tampil di bagian depan supaya lebih banyak calon konsumen yang mengetahui produk yang di iklankan. Semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk anda maka brand atau merk bisnis anda tentu akan semakin banyak di kenal.

3. Membujuk Calon Konsumen

Iklan bersifat membujuk calon konsumen untuk membeli sebuah produk yang di iklankan. Oleh sebab itu iklan penting di lakukan terutama untuk bisnis yang baru saja di rintis. Apalagi saat ini sudah ada beragam jenis iklan mulai dari offline hingga online. Untuk anda yang memiliki anggaran terbatas dalam memasarkan produk dapat menggunakan iklan online yang memiliki biaya lebih murah namun dapat menjangkau lebih banyak calon konsumen.

4. Mengurangi Risiko

Manfaat menggunakan iklan salah satunya adalah mengurangi risiko penjualan barang yang menurun. Gunakan iklan untuk meningkatkan penjualan pada produk baru, produk yang kurang laku atau produk tertentu yang ingin anda highlight. Dengan cara inilah barang atau produk tersebut akan lebih mudah sampai ke calon pembeli.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai pengertian iklan, fungsi dan tujuan iklan serta manfaat sebuah iklan untuk bisnis anda. Keberadaan sebuah iklan memang sangat membantu para pebisnis dalam memasarkan produk atau jasa anda. Dengan mengetahui fungsi dari iklan di harapkan anda dapat memanfaatkan keberadaan iklan untuk mengembangkan bisnis anda.