Categories: SEM

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya

Ada banyak sekali metode yang dapat di gunakan dalam pemasaran suatu produk atau jasa. Du dalam dunia internet marketing pasti anda sudah tidak aing lagi dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Metode ini bertujuan untuk melakukan optimasi terhadap website supaya mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian. Tapi sebenarnya ada satu metode lagi yang juga tidak kalah efektif, yaitu SEM (Search Engine Marketing).

Di kalangan internet marketer istilah SEM atau Search Engine Marketing sudah sangat familiar di dengar. Karena memang metode SEM sendiri masik cukup berkaitan dengan metode SEO. Lalu apa itu SEM dan apa saja manfaatnya untuk bisnis? Semua itu akan kita bahas secara lebih lengkap dalam artikel kali ini.

Pengertian SEM (Search Engine Marketing)

Pengertian SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah metode di mana anda dapat mengiklankan website di mesin pencari. Perlu anda tahu kalau di pencarian ada dua hasil yang akan anda temukan yaitu hasil organik dan hasil dari iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang di sebut dengan Search Engine Marketing.

Hampir semua mesin pencari saat ini sudah memiliki fitur SEM mulai dari Google sampai Bing. Namun yang paling banyak di gunakan orang adalah Goggle. Alasannya adalah karena Google hampir menguasai 90% pangsa pasar. Sehingga peluang untuk mendapatkan banyak traffic dari iklan di Google sangatlah besar.

Sesuai dengan definisi di atas jika SEM adalah sebuah metode untuk mengiklankan website. Sehingga anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk beriklan. Kebanyakan mesin pencari seperti Google menggunakan sistem Pay Per Click (PPC). Di mana anda hanya akan di minta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan anda.

Apa Saja Manfaat SEM untuk Bisnis Anda?

Dari penjelasan di atas mungkin anda pasti sudah tahu pengertian SEM. Namun apakah anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari SEM (Search Engine Marketing) untuk perkembangan bisnis anda? Layaknya sebuah metode pemasaran tentu tujuan utama dari SEM adalah untuk mempromosikan sebuah bisnis.

1. Pencapaian Target

Dengan menggunakan SEM maka pencapaian anda bisa lebih tertarget. Dengan menggunakan SEM anda juga akan mendapatkan pemasaran yang jauh lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang ingin anda tawarkan. Hal itu juga akan berdampak pada peningkatan traffic ke website anda dan sudah pasti keuntungan yang di dapatkan juga akan semakin besar.

2. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Di dalam sebuah bisnis tentu saja keberadaan pelanggan menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya pelanggan yang berada di sekitar anda saja, melainkan juga pelanggan yang berada di lokasi atau tempat lain tentu akan memberikan peluang yang jauh lebih besar dalam meningkatkan pemasaran website atau produk anda. Dengan menggunakan SEM anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh dunia.

3. Kontrol Menyeluruh

Dengan menggunakan SEM sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis atau produk, membuat anda memiliki keleluasaan dalam mengontrolnya. Mulai dari segi biaya, timeline hingga hasil yang ingin di dapatkan. Kontrol ini juga meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan bahkan demografi yang sesuai dengan website atau produk yang akan di promosikan.

4. Percakapan & Konversi yang Meningkat

SEM menargetkan pemasaran yang relevan dan sesuai dengan website atau produk yang ingin di promosikan. Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan konversi terhadap search marketing. SEM menggunakan iklan berupa link yang jika di klik akan langsung mengarah ke situs website produk yang di promosikan.

Tentu saja ini akan mengeluarkan biaya untuk membayar setiap klik iklan yang di dapatkan. Meski begitu, sampai saat ini Search Engine Marketing (SEM) masih menjadi sarana promosi iklan berbayar yang paling banyak di gunakan orang. Alasannya karena anda akan mengeluarkan lebih sedikit biaya ketimbang menggunakan sarana promosi iklan berbayar lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian SEM (Search Engine Marketing) beserta manfaatnya untuk perkembangan bisnis anda. Meskipun terdengar mudah namun di butuhkan cukup pengalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda masih cukup awam dengan metode SEM ini, anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing yang sudah cukup banyak bermunculan di internet. .

Davani

Share
Published by
Davani

Recent Posts

Trend Digital Marketing 2020 di Indonesia

Trend Digital Marketing di Tahun 2020 Setiap tahunnya trend marketing selalu mengalami perubahan, khusus di…

4 years ago

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda Sebelum masuk para pembahasan utama mengenai strategi pemasaran…

4 years ago

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling yang Perlu anda Ketahui

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling Melakukan pemasaran merupakan sebuah keharusan bagi para pemilik bisnis…

4 years ago

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya Apa itu SEO? Pertanyaan inilah yang sering…

4 years ago

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Pengertian iklan secara sederhana adalah sebuah informasi atau pesan…

4 years ago

Pengertian Content Marketing | Apa itu Content Marketing?

Pengertian Content Marketing Content Marketing, Konten Marketing atau Pemasaran Konten belakangan ini sering di bahas…

4 years ago