Categories: SEO

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya

Apa itu SEO? Pertanyaan inilah yang sering di ajukan oleh mereka yang baru mulai membangun blog atau website. Karena dengan melakukan beberapa teknik optimasi SEO maka blog dan website bisa lebih mudah masuk dalam hasil pencarian di Google. Secara sederhana, SEO adalah sebuah tindakan untuk melakukan optimasi terhadap website atau blog.

Tapi itu hanyalah sebagian kecil dari konsep SEO yang sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat untuk website atau blog. Nah, pada artikel ini kami akan menjabarkan dengan kalimat yang sederhana agar anda mengerti apa itu SEO lalu kenapa SEO itu penting dan harus di terapkan pada website atau blog.

Pengertian SEO

Search Engine Optimization atau lebih kita kenal dengan SEO adalah sebuah tindakan optimasi website yang di lakukan dengan tujuan untuk bisa mendapatkan ranking teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian maka potensi untuk mendapatkan banyak traffic organik juga akan semakin besar.

Selain berfungsi untuk mendapatkan traffic organik dari hasil pencarian. SEO juga dapat membantu anda dalam mendapatkan traffic yang tepat. Dengan begitu anda bisa mendapatkan traffic organik dari mesin pencari yang sesuai dengan tujuan website anda.

Untuk bisa mendapatkan traffic organik tinggi yang sesuai target, anda harus mengikuti semua aturan yang sudah di tetapkan oleh mesin pencari dalam hal ini adalah Google. Anda perlu mengetahui bagaimana SEO itu bekerja serta bagaimana cara memahami algoritma Google.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Setelah anda mengerti apa itu SEO, pertanyaan berikutnya yang akan pasti akan muncul adalah bagaimana cara kerja SEO? Pada dasarnya setiap mesin pencari memiliki algoritma tertentu yang berguna untuk menentukan apakah konten tersebut sudah layak masuk dalam peringkat tertinggi di hasil pencarian.

Ini berlaku untuk semua jenis mesin pencari baik itu Google, Bing, Yahoo dan lainnya. Tapi dalam hal ini yang akan kita bahas adalah algoritma dari Google. Karena Google menjadi mesin pencari yang paling banyak di gunakan oleh orang di seluruh dunia. Sehingga memang lebih baik kita mempelajari algoritma dari mesin pencari Google.

Google sendiri selalu memperbaharui algoritma mereka agar bisa memberikan hasil pencarian yang relevan untuk semua penggunanya. Oleh sebab itu sebaiknya anda harus selalu mengetahui update algoritma dari Google ini. Karena jika anda menggunakan algoritma lama maka tidak akan memberikan dampak apapun untuk website anda.

Kenapa SEO itu Penting? Apa Manfaat SEO?

SEO bukan lagi jadi salah satu pilihan untuk mendatangkan traffic namun sudah menjadi kewajiban untuk menerapkan teknik SEO pada website. Lalu apa saja manfaat SEO untuk website anda?

1. Traffic Banyak di Hasilkan dari Konten di Halaman Pertama

Konten dapat muncul di hasil pencarian saja tidaklah cukup. Jika konten yang anda buah hanya dapat muncul di halaman dua, tiga atau bahkan lebih tinggi dari itu maka peluang untuk mendapatkan banyak traffic dari hasil pencarian akan semakin kecil. Oleh sebab itu konten anda harus masuk di halaman satu Google agar bisa mendapatkan traffic organik yang banyak.

2. Website Anda Lebih Mudah di Temukan Pada Mesin Pencari

Website anda akan jadi lebih mudah di temukan pada mesin pencari dengan berbagai kata kunci. Anda dapat mendapatkan menjangkau audience lebih luas dengan menerapkan teknik SEO pada setiap kata kunci yang anda targetkan. Tentu saja kata kunci yang di targetkan harus sesuai dengan topik dari website anda.

3. Membangun Brand Anda

Hampir kebanyakan orang selalu melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian. Hal ini tentu akan menuntut para pemilik bisnis untuk memiliki brand yang baik supaya bisa selalu di temukan di internet. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas brand anda adalah dengan menerapkan teknik SEO pada website anda. Semakin banyak website anda muncul di hasil pencarian, maka akan semakin banyak pula orang yang mengenal website dan brand anda.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian SEO (Search Engine Optimization) lengkap dengan cara kerja SEO serta apa saja manfaat dari SEO untuk website. Harapannya dengan memahami konsep dasar SEO, anda dapat mengembangkan bisnis anda menjadi lebih luas lagi.

4. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Website yang berada di halaman pertama google dengan keyword tertentu akan membuat pelanggan lebih percaya terhadap website atau brand anda dibandingkan website yang tidak dapat ditemukan di mesin pencari.

5. Mendapakan Leads hingga Meningkatkan Penjualan

Siapa yang tau dengan website yang ada di halaman pertama dengan keyword yang sudah ditargetkan dapat menghasilkan leads hingga meningkatkan penjualan. Karena pada dasarnya customer mengetikkan suatu keyword di pencarian google karena mereka ingin mencari tau atau membutuhkan suatu jawaban atau solusi dari masalah mereka. Oleh karena itu dengan website anda yang dapat mudah ditemukan di halaman pertama google (sudah dioptimasi dengan SEM) mendapatkan kemungkinan mendapatkan leads lebih baik dibanding website yang belum dioptimasi dengan SEO.

Davani

Share
Published by
Davani

Recent Posts

Trend Digital Marketing 2020 di Indonesia

Trend Digital Marketing di Tahun 2020 Setiap tahunnya trend marketing selalu mengalami perubahan, khusus di…

4 years ago

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda Sebelum masuk para pembahasan utama mengenai strategi pemasaran…

4 years ago

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling yang Perlu anda Ketahui

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling Melakukan pemasaran merupakan sebuah keharusan bagi para pemilik bisnis…

4 years ago

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya Ada banyak sekali metode yang dapat di…

4 years ago

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Pengertian iklan secara sederhana adalah sebuah informasi atau pesan…

4 years ago

Pengertian Content Marketing | Apa itu Content Marketing?

Pengertian Content Marketing Content Marketing, Konten Marketing atau Pemasaran Konten belakangan ini sering di bahas…

4 years ago