Categories: Social Media

Apa itu Instagram Ads? Pengertian, Kelebihan serta Manfaatnya

Apa Itu Instagram Ads?

Instagram adalah salah satu media sosial yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Wajar saja karena memang Instagram memiliki jumlah pengguna terbanyak setelah Facebook, jadi tidak heran jika hampir setiap orang yang memiliki ponsel pintar pasti juga memiliki satu akun Instagram. Dengan jumlah pengguna terbanyak, tentu saja ini menjadi peluang untuk para pebisnis dalam memperluas jaringan bisnisnya.

Untuk memudahkan para pebisnis, Instagram pun meluncurkan fitur Instagram Ads oada tahu 2013. Fitur yang satu ini pun di sambut baik oleh para pebisnis. Terbukti di tahun 2017 saja jumlah pengiklan di Instagram sudah mencapai angka 1 juta pengiklan. Tentu saja ini adalah kemajuan yang sangat besar. Lalu sebenarnya apa itu Instagram Ads dan apa fungsinya? Mari kita bahas semua itu dalam artikel ini.

Pengertian Instagram Ads

Sesuai dengan penjelasan di atas, jika Instagram Ads adalah salah satu fitur yang ada di Instagram. Fitur ini di hadirkan untuk membantu para pebisnis dalam mempromosikan atau memasarkan produk dan layanan mereka di sosial media Instagram. Menjadi salah satu platform periklanan terbaik, tentunya Instagram Ads menawarkan sejumlah fitur menarik yang akan membantu para pebisnis.

Dengan Instagram Ads para pengiklan di berikan kebebasan untuk mengelola iklan yang di buatnya sendiri. Para pengiklan juga dapat memilih format iklan mereka baik itu foto maupun video, tinggal di sesuaikan dengan kebutuhan saja. Layaknya pada platform periklanan lain, para pengguna dapat mengatur dan mengelola kampanye iklan yang mereka buat sehingga bisa lebih fleksibel.

Kelebihan Instagram Ads

Setelah anda mengetahui apa itu Instagram Ads, lantas anda pasti akan bertanya mengapa Instagram Ads bisa menjadi salah satu platform periklanan terbaik? Alasannya tentu saja Instagram Ads menawarkan banyak kelebihan yang akan membantu para penggunanya. Berikut ini beberapa kelebihan Beriklan di Instagram Ads.

1.Dapat Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Jika anda baru merintis bisnis atau sudah sejak lama memiliki bisnis, ada baiknya anda memanfaatkan Instagram Ads sebagai sarana untuk meningkatkan brand awareness. Instagram Ads merupakan tempat terbaik untuk meningkatkan brand bisnis anda.

Karena ketika anda membuat Instagram Ads, maka anda akan di tanya terlebih dahulu apa tujuan anda membuat iklan di Instagram dan salah satunya adalah meningkatkan brand awareness dari bisnis anda. Nantinya Instagram akan dapat dengan mudah mengatur target pengguna yang tepat untuk memunculkan iklan anda.

2.Target Iklan Lebih Spesifik

Instagram Ads memiliki fitur penargetan yang sangat kompleks sehingga akan memudahkan anda untuk mendapatkan target pasar yang lebih spesifik. Instagram melakukan penargetan berdasarkan demografi mulai dari usia, jenis kelamin, jenjang pendidikan, pekerjaan, minat, kebiasaan dan lainnya.

Dengan penargetan yang sudah di lakukan di awal maka akan mempermudah iklan muncul di beranda calon customer anda. Semakin spesifik target pasar anda maka akan semakin baik juga karena pastinya pengguna yang melihat iklan anda adalah pengguna yang memang memiliki ketertarikan pada produk atau layanan yang anda iklankan.

3.Meningkatkan Profit dan Potensi Penjualan

Beriklan di Instagram akan memperbesar peluang untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Terlebih lagi jika target pasar anda adalah para generasi milenials yang kerap menggunakan internet dan media sosial untuk mencari informasi mengenai barang yang ingin mereka beli.

4.Menaikkan Traffic Website Bisnis Anda

Memiliki website adalah salah satu cara untuk mempromosikan bisnis anda melalui internet. Dengan menggunakan Instagram Ads anda bisa mendapatkan traffic ke website anda dari para pengguna Instagram. Pada saat anda membuat iklan di Instagram anda akan di minta untuk memasukkan URL website anda dengan tujuan untuk mengarahkan calon pelanggan ke website bisnis anda. Selain itu juga ada button call to action yang biasanya bertuliskan “Beli Sekarang” yang jika di klik akan mengarah ke website bisnis anda.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu Instagram Ads serta apa saja kelebihan jika anda beriklan di Instagram. Manfaatkan sebaik mungkin platform periklanan dari Instagram ini untuk meningkatkan penjualan bisnis anda. Sebab di zaman yang serba internet seperti saat ini, melakukan promosi secara online jauh lebih efektif dan efisien.

Davani

Share
Published by
Davani

Recent Posts

Trend Digital Marketing 2020 di Indonesia

Trend Digital Marketing di Tahun 2020 Setiap tahunnya trend marketing selalu mengalami perubahan, khusus di…

4 years ago

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda Sebelum masuk para pembahasan utama mengenai strategi pemasaran…

4 years ago

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling yang Perlu anda Ketahui

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling Melakukan pemasaran merupakan sebuah keharusan bagi para pemilik bisnis…

4 years ago

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya Apa itu SEO? Pertanyaan inilah yang sering…

4 years ago

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya Ada banyak sekali metode yang dapat di…

4 years ago

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Pengertian iklan secara sederhana adalah sebuah informasi atau pesan…

4 years ago