Categories: Public Relation

Apa itu Press Release? Pengertian serta Jenis-jenisnya

Apa Itu Press Release?

Apa itu Press Release? Secara umum press release dapat di artikan sebagai siaran berita secara resmi yang di keluarkan oleh suatu lembaga atau badan usaha yang di sebarkan ke media masa. Sedangkan menurut Soemirat & Ardianto Press Release atau siaran pers merupakan informasi dalam bentuk berita yang di buat oleh Public Relation (PR) suatu perusahaan atau organisasi yang di sampaikan kepada pemilik redaksi media massa se[erti media cetak, radio, televisi dan media online untuk di terbitkan dalam media masa tersebut.

Dari definisi di atas bisa di tarik kesimpulan sederhana jika press release adalah informasi yang di sampaikan Public Relations organisasi atau perusahaan kepada pengelola media massa dalam bentuk berita supaya di terbitkan dalam media masa agar semua masyarakat bisa mengetahui informasi tersebut.

Orang-orang media juga sering menyebut press release dengan news release. Sebuah press release haruslah berisikan berita atau informasi yang bermanfaat. Informasi yang di sampaikan lewat press release berasa; dari sebuah organisasi atau perusahaan yang di sampaikan Press Relations harus berisikan data serta fakta dan bukan opini pribadi.

Jenis-Jenis Press Release

Jika di telaah alasan mengapa sebuah perusahaan atau organisasi tertentu melakukan press release adalah untuk meningkatkan image perusahaan mereka di mata masyarakat. Selain itu sebuah press release juga di butuhkan sebuah perusahaan ketika ingin membuka kantor baru atau kantor cabang baru, memperkenalkan produk dan layanan baru, penerbitan laporan keuangan, mengadakan kerjasama dengan perusahaan atau instansi lain, melakukan merger, akuisisi dan berbagai hal lain yang berkaitan dengan kinerja dari perusahaan.

Pada umumnya cara penulisan untuk semua jenis press release terlihat sama saja. Perbedaannya sendiri hanya terletak pada jenis informasi atau berita yang ingin di sampaikan pada press release. Berikut ini jenis-jenis press release yang perlu anda tahu.

Basic Press Release

Basic press release adalah sebuah siaran pers yang menyajikan berbagai macam informasi yang terkait dengan masalah internal perusahaan atau organisasi yang harus di publikasikan. Selain itu jenis press release yang satu ini juga memiliki nilai-nilai berita berbasis lokal- regional dan nasional.

Jadi jika anda adalah seorang Public Relations, anda dapat menggunakan format basic press release untuk menyampaikan berita atau informasi umum mengenai internal perusahaan atau organisasi anda kepada khalayak umum untuk mendapatkan citra yang baik di mata masyarakat.

Product Release

Product release adalah sebuah siaran pers yang bertujuan untuk mempublikasi transaksi suatu perusahaan baik itu pada produk reguler maupun produk khusus. Format press release yang satu ini sering di gunakan oleh para perusahaan untuk melakukan promosi maupun branding untuk menjadi perusahaan terbaik di industrinya. Dngan kata lain jika suatu perusahaan melakukan product release itu artinya mereka sedang berusaha untuk memenangkan persaingan di dalam industri usahanya.

Sederhananya seperti ini, setiap konsumen yang ingin membeli sebuah produk tentu mereka akan mempertimbangkan berbagai aspek. Mulai dari keterbukaan informasi, harga, spesifikasi, popularitas dan lain sebagainya. Jadi ketika sebuah perusahaan melakukan product release itu berarti mereka sedang berusaha untuk menciptakan brand image yag baik di mata masyarakat, sehingga masyarakat pu akan tertarik dan memutuskan untuk membeli produk yang mereka tawarkan.

Financial Release

Tujuan utama dari sebuah perusahaan melakukan publikasi financial adalah untuk menjaga hubungan baik dengan relasi dan pemegang saham. Anda pasti sudah tahu jika informasi mengenai keuangan suatu perusahaan menjadi aspek yang sangat vital dalam kelangsungan hidup perusahaan. Semakin baik manajemen keuangan sebuah perusahaan akan semakin mendukung kelangsungan hidup dari perusahaan tersebut.

Selain itu keterbukaan perusahaan akan informasi keuangan mereka juga akan sangat membantu perusahaan dalam mendapatkan investor yang potensial yang ingin menanamkan modalnya. Sebagai contoh, perusahaan yang melakukan financial release di Indonesia adalah perusahaan terbuka yang sudah terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Keterbukaan perusahaan akan informasi keuangannya ini akan di gunakan secara umum baik itu untuk kebutuhan investasi maupun akademik.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu press release dan jenis-jenis press release yang perlu anda ketahui. Di harapkan setelah membaca penjelasan di atas anda dapat mengetahui fungsi dari press release serta jenis-jenis press release beserta perbedaannya.

Davani

Share
Published by
Davani

Recent Posts

Trend Digital Marketing 2020 di Indonesia

Trend Digital Marketing di Tahun 2020 Setiap tahunnya trend marketing selalu mengalami perubahan, khusus di…

4 years ago

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda

Strategi Pemasaran Online Marketing untuk Bisnis Anda Sebelum masuk para pembahasan utama mengenai strategi pemasaran…

4 years ago

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling yang Perlu anda Ketahui

Perbedaan Soft Selling dan Hard Selling Melakukan pemasaran merupakan sebuah keharusan bagi para pemilik bisnis…

4 years ago

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya

Apa itu SEO? Pengertian, Cara Kerja serta Manfaatnya Apa itu SEO? Pertanyaan inilah yang sering…

4 years ago

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya

Apa itu SEM (Search Engine Marketing) serta Manfaatnya Ada banyak sekali metode yang dapat di…

4 years ago

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian Iklan, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya Pengertian iklan secara sederhana adalah sebuah informasi atau pesan…

4 years ago